Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Peningkatan Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Peningkatan Pembelajaran Menurut Para Ahli

A. Pengertian Peningkatan

Peningkatan berasal dari kata dasar “tingkat” yang kemudian ditambah dengan imbuhan pe-an sehingga menjadi kata peningkatan. Sugono (2008) mendefinisikan peningkatan sebagai “proses, perbuatan, cara meningkatkan”. Sejalan dengan pendapat tersebut Alwi (2002) menyatakan bahwa peningkatan adalah proses perbuatan, cara meningkatkan usaha, dan sebagainya. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian peningkatan adalah suatu proses perubahan meningkat, yang berarti proses perubahan menjadi lebih baik.

B. Pengertian Pembelajaran

Hamalik berpendapat, “Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur-unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi mencapai tujuan pembelajaran” (2008: 57).

Sagala (2011: 61) mengemukakan Pembelajaran adalah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan.

Konsep pembelajaran menurut Corey (1986) adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu (Sagala, 2011: 61).
Pembelajaran pada dasarnya merupakan rangkaian proses dan hasil belajar yang tidak dapat dipisahkan. Sagala menyatakan bahwa dalam pembelajaran ada dua hal yang menjadi karakteristik, yaitu (1) ketika proses pembelajaran melibatkan proses mental siswa secara maksimal, bukan hanya menuntut siswa sekedar mencatat, akan tetapi menghendaki aktivitas siswa dalam proses berpikir; (2) ketika pembelajaran membangun suasana dialogis dan tanya jawab terus menerus yang diarahkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa, yang pada gilirannya kemampuan berpikir itu dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan yang mereka konstruksikan sendiri (2011).

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola dengan menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Sudjana dalam Padmono menyatakan bahwa “Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa atau mahasiswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya” (2009: 37). Oleh karena itu, pembelajaran yang baik itu pembelajaran dapat memaksimalkan proses belajar siswa dan menunjukan hasil akhir sesuai tujuan yang diharapkan dan menjadi tolak ukur untuk pembelajaran berikutnya agar lebih baik, yang bertolak pada proses belajar. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dituntut untuk mampu membimbing dan memfasilitasi siswa agar mereka dapat memahami kekuatan, kelebihan maupun kekurangan yang mereka miliki, untuk selanjutnya guru memberikan motivasi agar siswa terdorong untuk bekerja atau belajar sebaik mungkin untuk mewujudkan keberhasilannya. Pada kegiatan pembelajaran, guru dituntut memiliki sikap terbuka dan sabar agar dengan hati yang jernih dan rasional dapat memahami siswanya.

Slameto (2010) menjelaskan bahwa faktor intern yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu jasmani, psikologis, dan kelelahan. Faktor jasmani meliputi kesehatan dan cacat tubuh. Faktor psikologis meliputi intelegensi, perhatian, minat, bakat, motif, kematangan, dan kesiapan. Faktor-faktor ini berpengaruh pada proses belajar siswa dalam pembelajaran di kelas.
Pembelajaran berupaya mengubah masukan berupa siswa yang belum terdidik, menjadi siswa yang terdidik, siswa yang belum memiliki pengetahuan, menjadi siswa yang memiliki pengetahuan. Demikian pula siswa yang memiliki sikap, kebiasaan atau tingkah laku yang belum mencerminkan dirinya sebagai pribadi baik atau positif, menjadi siswa yang memiliki sikap, kebiasaan, atau tingkah laku yang baik. Pembelajaran yang efektif ditandai dengan terjadinya proses belajar dalam diri siswa, dan hasil belajar dapat dilihat secara langsung.

C. Pengertian Peningkatan Pembelajaran

Berdasarkan uraian tentang peningkatan dan pembelajaran di atas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan pembelajaran adalah suatu proses meningkatnya perubahan kehidupan manusia dengan membentuk lingkungan menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar yang memungkinkan manusia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu untuk membentuk perilaku manusia dan mencapai tujuan pembelajaran.

Nah demikianlah Pengertian Peningkatan Pembelajaran Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

6 komentar untuk "Pengertian Peningkatan Pembelajaran Menurut Para Ahli"

  1. Assalamu'alaikum
    Bukunya pak Sugono pada materi pengertian peningkatan itu judulnya apa ya mas/mbak?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru PNS di SD NEGERI 07 WARU kabupaten sidoarjo jawa timur, saya ingin mempublikasikan awal KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda.

    BalasHapus