Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen yaitu, keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara, keterampilan berbicara, keterampilan menulis. Menulis termasuk kata kerja yang artinya 1) Membuat huruf (angka dsb) dengan pena (pensil, kapur, dsb) 2) Melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat dengan tulisan...”(Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia, 2008: 1744). Nurjamal, et al. (2011) berpendapat “Menulis merupakan sebuah proses kreatif menuangkan gagasan dalam bentuk bahasa tulis untuk tujuan, misalnya, memberi tahu, meyakinkan, menghibur” (hlm. 69). Kegiatan menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa. Menurut Tarigan (2008) bahwa menulis merupakan suatu keterampilan bebahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain.

Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa menulis merupakan suatu tindakan membuat huruf untuk melahirkan pikiran atau perasaan, penuangan gagasan dalam bentuk tulisan dari pikiran dan perasaan secara kreatif dengan tujuan tertentu sebagai sarana komunikasi tidak langsung dengan orang lain.

Nah demikianlah Pengertian Menulis Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Menulis Menurut Para Ahli"