Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

1. Pengertian Teknik Numbered Heads Together (NHT)

Menurut Isjoni (2011: 68) “Numbered Heads Together (NHT) adalah teknik model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk saling membagikan ide-ide dan pertimbangkan jawaban yang paling tepat. Teknik ini mendorong siswa untuk meningkatkan semangat kerjasama mereka”.

Menurut Huda (2011: 138) “NHT memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling sharing ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, untuk meningkatkan semangat kerja sama siswa, dan digunakan semua mata pelajaran dan tingkatan kelas”.

Berdasarkan pernyataan dari para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah teknik memberi kesempatan pada siswa untuk saling sharing ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat untuk meningkatkan semangat kerja sama siswa dan digunakan pada semua mata pelajaran dan tingkatan kelas.

2. Kelebihan dan Kelemahan Teknik Numbered Heads Together (NHT)

Pada dasarnya tidak ada model pembelajaran yang cocok untuk setiap pokok bahasan, karena setiap model atau metode mengajar masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan oleh karenanya guru dituntut untuk pandai memilih model pembelajaran yang sesuai.

Menurut Huda (2011)

Kelebihan-kelebihan model pembelajaran kooperatif teknik NHT adalah:
a) Memberi Motivasi
Menurut Woodworth dan Marques (dalam Huda, 2011) motivasi adalah suatu tujuan jiwa yang mendorong individu untuk aktivitas-aktivitas tertentu dan tujuan-tujuan tertentu terhadap situasi disekitarnya. Segala sesuatu yang baru dan segala perubahan dapat menumbuhkan motivasi. Begitu juga dengan teknik NHT, dengan pemberian nomor merupakan hal baru bagi siswa dalam belajar, sehingga siswa dapat termotivasi dalam belajar.
b) Menambah rasa percaya diri
Teknik NHT juga dapat menambah rasa percaya diri siswa, karena dalam teknik ini ada pemanggilan nomor dalam menjawab hasil diskusi. Sehingga dalam diri siswa timbul rasa percaya diri mereka.
c) Siswa aktif
Teknik NHT akan menambah keaktifan siswa dalam belajar, karena siswa boleh memberikan pendapat dan menukar pendapat, sehingga siswa aktif dalam belajar.

Kekurangan model pembelajaran kooperatif teknik NHT adalah:
a) Waktu ruang
Belajar dengan menggunakan teknik NHT memerlukan waktu yang agak panjang, supaya siswa lebih memahami materinya.
b) Membuat panik siswa
Di samping membuat percaya diri, teknik NHT juga dapat membuat grogi atau panik siswa, karena dalam teknik ini bagi nomor yang dipanggil harus menjawab dan mereka panik pada pemanggilan nomor.
c) Membuat repot guru
Teknik NHT merupakan metode diskusi kelompok yang menggunakan nomor, sehingga sebelum pembelajaran dimulai guru harus mempersiapkan nomor, hal ini dapat membuat guru agak repot.

Menurut Hamsa (2009)

Kelebihan dan kekurangan model kooperatif teknik NHT menurut Hamsa (2009) adalah:
a) Kelebihan:
(1) Setiap siswa menjadi siap semua.
(2) Dapat melakukan diskusi dengan sungguh-sungguh.
(3) Siswa yang pandai dapat mengajari siswa yang kurang pandai.
b) Kekurangan:
(1) Tidak terlalu cocok untuk jumlah siswa yang banyak karena membutuhkan waktu yang lama.
(2) Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru.

Penggunaan teknik NHT cocok untuk diterapkan pada pembelajaran bilangan pecahan. Teknik NHT banyak memberikan kelebihan dan manfaat. Siswa termotivasi dalam pembelajaran, siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, siswa menjadi percaya diri, rasa setia kawan dan sosialnya muncul karena siswa yang pandai bisa membantu siswa yang kurang pandai dalam pembelajaran. Namun dalam suatu kelebihan tentu masih ada kelemahan. Namun kelemahan tersebut masih dapat diatasi. Kelemahan dalam waktu ruang dapat diatasi dengan cara guru mengkoordinir dan membagi waktu dengan tepat. Guru juga harus mempersiapkan diri dan semua hal yang akan dilaksanakan dalam teknik NHT. Kepanikan siswa dapat diatasi dengan cara guru terlebih dahulu menjelaskan langkah-langkah pembelajaran dengan teknik NHT sehingga siswa sudah siap. Kerepotan guru dapat diatasi dengan cara persiapan yang lebih matang sebelum melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan teknik NHT.

Nah demikianlah Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

1 komentar untuk "Pengertian, Kelebihan, dan Kekurangan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru PNS di SD NEGERI 07 WARU kabupaten sidoarjo jawa timur, saya ingin mempublikasikan awal KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda.

    BalasHapus