Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Teknik Numbered Heads Together (NHT) Menurut Para Ahli

Langkah-langkah Teknik Numbered Heads Together (NHT) Menurut Para Ahli

Langkah-Langkah Teknik Numbered Heads Together (NHT)

Pada dasarnya NHT merupakan varian dari diskusi kelompok. Teknis pelaksanaannya hampir sama dengan diskusi kelompok. Menurut Huda (2011) langkah-langkah teknik Numbered Heads Together / NHT adalah:
1) Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok, masing-masing siswa dalam kelompok diberi nomor.
2) Guru memberikan tugas/pertanyaan dan masing-masing kelompok mengerjakaannya.
3) Kelompok berdiskusi untuk menemukan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan semua anggota kelompok mengetahui jawaban tersebut.
4) Guru memanggil salah satu nomor, siswa dengan nomor yang dipanggil mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok mereka. (hlm. 138)

Menurut Suprijono (2012) langkah-langkah teknik NHT adalah:
1) Guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil.
2) Tiap-tiap orang dalam tiap-tiap kelompok diberi nomor.
3) Guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap-tiap kelompok.
4) Tiap-tiap kelompok menyatukan kepalanya ”head together” berdiskusi memikirkan jawaban atas pertanyaan dari guru.
5) Guru memanggil peserta didik yang memiliki nomor yang sama dari tiap-tiap kelompok.
6) Siswa diberi kesempatan memberi jawaban atas pertanyaan yang telah diterimanya dari guru.

Langkah-langkah teknik NHT yang dikemukakan Huda sebenarnya sama dengan langkah-langkah teknik NHT yang dikemukakan Suprijono, yaitu mulai dari pembagian kelompok, penomoran, pemberian tugas, diskusi, pemanggilan nomor, dan presentasi. Perbedaannya, Huda mengemukakan langkah pembagian kelompok dan penomoran dalam langkah satu, sedangkan Suprijono mengemukakan pembagian kelompok dalam langkah satu dan penomoran dalam langkah dua. Selain itu, langkah empat yang dikemukakan Huda yaitu pemanggilan nomor dan presentasi menjadi langkah lima dan enam pada langkah teknik NHT oleh Suprijono.

Pendapat lain mengenai langkah-langkah teknik NHT dikemukakan oleh Indrawati. Langkah-langkah kegiatan dalam NHT menurut Indrawati (2007) meliputi:
1) Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
2) Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
3) Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4) Guru memanggil salah satu nomor, siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
5) Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
6) Kesimpulan. (Mulyana: 2012)

Berdasarkan pendapat Huda, Suprijono, dan Indrawati mengenai langkah-langkah teknik NHT dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah teknik NHT yang akan dilaksanakan adalah (1) guru membagi kelas menjadi kelompok-kelompok kecil, (2) tiap-tiap orang dalam tiap-tiap kelompok diberi nomor, (3) guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap-tiap kelompok, (4) tiap-tiap kelompok menyatukan kepalanya ”head together” berdiskusi memikirkan jawaban atas pertanyaan dari guru, (5) guru memanggil salah satu nomor, siswa dengan nomor yang dipanggil mempresentasikan jawaban hasil diskusi kelompok mereka, (6) tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, (7) kesimpulan.

Nah demikianlah Langkah-langkah Teknik Numbered Heads Together (NHT) Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Langkah-Langkah Teknik Numbered Heads Together (NHT) Menurut Para Ahli"