Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Multimedia dalam Pembelajaran Menurut Ahli dan Kesimpulannya

Pengertian Multimedia dalam Pembelajaran

Berikut ini adalah beberapa pengertian multimedia dalam istilah pembelajaran menurut para ahli serta kesimpulan berdasarkan pengertian-pengertian tersebut.

Menurut Heinich (dalam Susilana dan Riyana 2007: 6) media adalah alat saluran komunikasi. Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium” yang secara harfiah berarti “perantara” yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Media bisa dipertimbangkan menjadi media pembelajaran apabila membawa pesan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran, contohnya: media diagram, bahan tercetak, komputer, dan instruktur.

Daryanto (2013: 52) mengartikan multimedia pembelajaran sebagai aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan kata lain untuk menyalurkan pesan berupa sikap, keterampilan, dan pengetahuan serta dapat merangsang pilihan, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga proses belajar terjadi, bertujuan, dan terkendali.

Kesimpulan Pengertian Multimedia

Berdasarkan beberapa pendapat ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengertian multimedia diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Jadi, multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks, grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menarik serta dapat merangsang perhatian, perasaan, dan kemauan siswa dalam pembelajaran.

Nah demikianlah Pengertian Multimedia dalam Pembelajaran Menurut Ahli dan Kesimpulannya, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Pengertian Multimedia dalam Pembelajaran Menurut Ahli dan Kesimpulannya"