Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Langkah-Langkah, Kelebihan dan Kekurangan Student Facilitator and Explaining

Model Student Facilitator and Explaining

Berikut ini adalah pengertian, langkah-langkah, serta penjelasan kelebihan dan kekurangan dari penggunaan model student facilitator and explaining pada siswa.

Pengertian Model Student Facilitator and Explaining

Pengertian Menurut Sohimin

Model pembelajaran student facilitator and explaining menurut (Shohimin, 2014: 183) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk memengaruhi pola interaksi peserta didik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan materi.

Pengertian Menurut Huda

Menurut Huda (2013: 228) student facilitator and explaining merupakan penyajian materi ajar yang diawali dengan penjelasan secara terbuka, memberi kesempatan siswa untuk menjelaskan kembali kepada rekan-rekannya, dan diakhiri dengan penyampaian semua materi kepada semua siswa.

Kesimpulan Pengertian Model Student Facilitator and Explaining

Berdasarkan dua pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa student facilitator and explaining adalah suatu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkomunikasikan materi yang ia pahami kepada seluruh anggota kelasnya.

Langkah-Langkah Model Student Facilitator and Explaining

Langkah-Langkah Menurut Suyatno

Menurut Suyatno (2009: 126) Langkah Langkah model pembelajaran student facilitator and explaining adalah sebagai berikut: (a) guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai; (b) guru mendemonstrasikan/menyajikan materi; (c) memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya; (d) guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa; (e) guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu; (f) penutup.

Langkah-Langkah Menurut Sohimin

Sohimin (2014: 184) memaparkan langkah langkah student facilitator and explaining sebagai berikut: (a) guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai; (b) guru mendemonstrasikan/menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran; (c) memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya melalui bagan atau peta. Hal ini bisa dilakukan secara bergiliran; (d) guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa; (e) guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu; (f) penutup.

Kesimpulan Langkah-Langkah Student Facilitator and Explaining

Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan langkah-langkah student facilitator and explaining adalah sebagai berikut:

  1. Guru menyampaikan materi dan kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan garis-garis besar materi pembelajaran.
  3. Guru menugaskan siswa membuat bagan atau peta konsep mengenai meteri pembelajaran.
  4. Guru memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya, misalnya melalui bagan atau peta.
  5. Guru menyimpulkan ide atau pendapat dari siswa.
  6. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
  7. Penutup.

Kelebihan Model Student Facilitator and Explaining

Kelebihan model studen facilitator and explaining adalah sebagai berikut:
a) Materi yang disampaikan lebih jelas dan konkret.
b) Dapat meningkatkan daya serap siswa karena pembelajaran dilakukan dengan demonstrasi.
c) Melatih siswa untuk berperan menjadi guru.
d) Memacu motivasi siswa untuk menjadi yang terbaik dalam menjelaskan materi ajar.
e) Mengetahui kemampuan siswa dalam menyampaikan ide atau gagasan.

Kekurangan Model Student Facilitator and Explaining

Sedangkan kekurangan model student facilitator and explaining antara lain yaitu:
a) Siswa yang pemalu tidak mau mendemonstrasikan apa yang diperintahkan oleh guru kepadanya atau banyak siswa yang kurang aktif.
b) Tidak semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk melakukannya atau menjelaskan kembali kepada teman-temannya karena keterbatasan waktu pembelajaran.
c) Adanya pendapat yang sama sehingga hanya sebagian saja yang terampil.
d) Tidak mudah bagi siswa untuk membuat peta konsep atau menerangkan materi ajar secara ringkas.

Nah demikianlah, semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

2 komentar untuk "Pengertian, Langkah-Langkah, Kelebihan dan Kekurangan Student Facilitator and Explaining"

  1. bagaimana mencopy artikel ini? mohon bantuannya

    BalasHapus
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu WINDA MARLINA, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda.

    BalasHapus