Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Penilaian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Penilaian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Menurut Suharjo (2006: 77) penilaian digunakan untuk mengukur pencapaian kompetensi yang diharapkan. Penilaian dapat berbentuk tertulis, kinerja, produk, penugasan/proyek, atau portofolio sesuai dengan aspek yang diukur.

Bundu (2006) menyatakan bahwa hakikat belajar sains SD adalah segenap perubahan tingkah laku yang terjadi pada siswa dalam bidang sains sebagai hasil mengikuti proses pembelajaran yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Diperkuat oleh pendapat Sumaji (1998) yang menyatakan bahwa hasil belajar terdiri dari dua aspek yakni aspek kognitif yang berkaitan dengan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan intelektual lainnya serta aspek nonkognitif yang berkaitan dengan sikap (afektif) dan keterampilan fisik (psikomotor) (hlm. 17-19).

Upaya untuk mengevaluasi hasil belajar IPA diperlukan berbagai cara dan teknik penilaian yang sesuai dengan hakikat IPA. Supranata (2004) mengemukakan berbagai bentuk penilaian yang dapat digunakan khususnya dalam penilaian berbasis kelas, yakni:
a) Tes tertulis, yang mengungkap aspek kognitif siswa. Bentuknya dapat berupa uraian, pilihan ganda, menjodohkan, benar-salah, atau jawaban singkat.
b) Tes perbuatan, yang dilakukan saat kegiatan berlangsung dengan pengamatan pada prilaku siswa.
c) Pemberian tugas, yang dilakukan untuk mengembangkan kreativitas siswa dengan bakat, minat, dan tingkat perkembangannya.
d) Penilaian proyek, yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu.
e) Penilaian sikap, yang dilakukan dengan observasi, laporan pribadi, atau skala sikap yang berkaitan dengan obyek sikap misalnya sikap terhadap bidang studi, terhadap guru, atau terhadap materi pembelajaran.
f) Penilaian portofolio, yaitu penilaian terhadap karya siswa yang disusun secara sistematis dalam jangka waktu tertentu. (Bundu, 2006: 62)

Berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa penilaian hasil belajar IPA adalah cara untuk mengukur hasil belajar IPA siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penilaian yang digunakan pada penelitian penerapan mind mapping dengan multimedia dalam pembelajaran IPA kelas V SD yaitu penilaian kognitif yakni melalui tes tertulis yang berkaitan dengan pengetahuan tentang materi pembelajaran, dan penilaian nonkognitif melalui pemberian tugas untuk membuat mind map serta penilaian sikap yaitu menilai aspek keterampilan proses siswa dalam pembelajaran IPA.

Nah demikianlah Apa itu Penilaian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), semoga bermanfaat bagi adik-adik kuliah yang membutuhkannya. Jangan lupa share ke temaan-teman yang membutuhkan informasi ini.

Posting Komentar untuk "Apa itu Penilaian Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)"